Membuat Video Mixer Paling Sederhana

Secara teori pada perinsipnya untuk menghambat sebuah arus kita memerlukan sebuah resistan atau hambatan, Jadi bila kita menginginkan arus yang besar maka kita pasang resistor yang nilai resistansi (tahanan) nya kecil, mendekati nol atau sama dengan nol atau tidak dipasang sama sekali dengan demikian arus tidak lagi dibatasi. Nah seperti itulah kira-kira fungsi Resistor dalam sebuah rangkaian elektronika. Dari prinsip itu kita membutuhkan sebuah resistor yang dapat berubah hambatannya seperti fungsi sebuah potensiometer hambatan atau resistor yang dapat diubah-ubah hambatannya atau bahasa lainnya portable resistor, nah dari situlah saya berfikir mungkinkah bisa dibuat sebuah mixer video?? lalu saya mencari-cari di google akhirnya menemukan cara atau alat sederhana untuk menggabungkan dua input masukan video untuk bisa dipakai secara bergantian dengan alat atau komponen utamanya hanya dengan sebuah potensiometer. Yupz kita mulai :

Langkah pertama buat design atau skema alatnya doeloe… seperti gambar dibawah ini :

Lalu siapkan bahan bakunya :
1. Potensiometer seharga 1K Ohm
2. Jack RCA 3 pasang (beli yang kualitas bagus seperti pada gambar dibawah warna kuning emas).
3. Saklar 2 buah, kalo saya biasa menyebut saklar model gambar dibawah ini adalah saklar toel/colek… he..he.. karena dalam penggunaannya ditoel atau dicolek.
4. Kabel penghubung secukupnya
5. Box terserah untuk ukuran kalo dapet sesuai seperti gambar (box yang kecil yang sepantasnya) karena kalo terlalu besar juga percuma toh rangkaiannya juga sangat sederhana sekali.
6. Solder dan Timah (tinol secukupnya).
7. Untuk melakukan tes uji coba, siapkan 2 source (sumber) input masukan video, bisa dari VCD player, receiver parabola atau dari camera handycame. Lalu TV sebagai media penerima output/review hasil akhir.

Baru rakitlah sesuai dengan skema sederhana seperti gambar pertama diatas, mulailah dengan melubangi bagian jack rca pada box (bisa menggunakan bor atau alat lain yang bisa melubanginya) karena box harus dimodifikasi sekedar saran untuk box seperti gambar dibawa ini banyak dijual dipasaran/toko elektronik. Selanjutnya bagian saklar, lalu diteruskan dengan menghubungkan kabel-kabel dengan solder supaya kuat dan rapi, lalu jadilah seperti gambar dibawah ini.

Dibawah ini penjelasan alat dan hasil record testing alat yang dikutip dari situs nya :

Dirt & Cheap Non-Sync Video Mixer. Just one potentiometer and some connectors and you have your self a video mixer. Well, not really sync but its mixing, haha. Simple and dirty. If you leave the knob in the middle the signal it losses sync on the output. Now, you could change the switches into push buttons and have yourself a simpler switcher. It isn’t gritch free but it doens’t need any power or parts.

I made two switches onit so you can change input 1 and 2 to the other side of the knob. Its also there to have the option for normal image. If you leave the two signals on the pot it will be slidly visual as a vertical rolling image. For this you need a 1 k ohm potentiometer, 3 RCA connectors, 2 switches (SPDT) and a enclosure. Connect the inputs to both switches, one input to each switch. Connect the output of the switches to the side pins of the pot and the middle is your video out.

Saya udah mencoba lho dan alat ini lumayan membatu untuk dua masukan input, meski memang diakui masih jauh sempurna dibanding dengan mixer video yang sebenarnya, tapi setidaknya dapat membatu anda jika berkerja lebih dari 1 kamera dan satu saran saya jika anda berniat mencoba membuatnya usahakan cari potensiometer dengan nilai 1K Ohm seperti yang disarankan diatas. Soalnya akan terjadi perbedaan yang mencolok disaat crossing atau peralihan antara gambar 1 dengan 2.

Mudah-mudahan bermanfa’at selamat mencoba! Saran dan komentar wajib anda sertakan ..he..he.. saya tunggu lho.. kita sharing disini siapa tau ada diantara anda yang punya teknik atau cara lain yang lebih baik, sebenarnya saya sudah dapat skema video mixer yang bagus hanya dengan 1 komponen IC, tapi masalahnya di tempat saya susah buat dapetin jenis IC-nya. Lain waktu saya akan posting juga.

Tentang wongphoto

Capture your moment
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s